Gambaran Umum Sistem Informasi Manajemen
Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan
Alasan pertama: Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat yaitu:
Alasan kedua: Kemampuan komputer yang semakin baik.
Evolusi sistem informasi berbasis computer
Upaya pencapaian sistem informasi berbasis komputer
Management Information
System (MIS) yang biasa disebut system informasi manajemen adalah suatu system
manusia-mesin yang terpadu, guna menyediakan informasi yang mendukung proses,
manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
Komponen Pembangun MIS
1. Hardware =>
Digunakan untuk melaksanakan kegiatan input > proses > output
2. Software =>
Program komputer yang dijalankan pada Hardware :
1. System software.
2. Application Software
1. System software.
2. Application Software
3. Database => Software
aplikasi khusus yang dibangun untuk mengorganisasikan data dan informasi pada
proses operasi suatu organisasi.
4. Infrastructure
=> Peralatan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat keras yang
terpisah, seperti:
1. Peralatan telekomunikasi.
2. Jaringan (network).
3. Internet
1. Peralatan telekomunikasi.
2. Jaringan (network).
3. Internet
5. People (
manusia )
6. Prosedur => Aturan untuk
mengembangkan dan menggunakan system informasi.
7. Model => Abstraksi dari kenyataan. Semua model
didasarkan pada asumsi. Seperti : kondissi pasar dan legal restriction. Asumsi
harus bersifat konsisten.
Manajemen
Informasi
adalah seluruh aktifitas memperoleh informasi, menggunakannya seefektif
mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat.
Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan
Ada 2 alasan kenapa para manajer sekarang ini, memberikan perhatian yang
semakin besar terhadap manajemen informasi.
Alasan pertama: Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat yaitu:
1. Pengaruh
Ekonomi Internasional
2. Persaingan Dunia
3. Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
4. Batas waktu yang Singkat
5. Kendala kendala Sosial
2. Persaingan Dunia
3. Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
4. Batas waktu yang Singkat
5. Kendala kendala Sosial
Alasan kedua: Kemampuan komputer yang semakin baik.
Meningkatnya
kekompleksan tugas manajemen bisa di bilang akibat tuntan pekerjaan yang
Terus bertambah dan terus menuntut untuk jauh lebih baik.keberhasilan suatu
organisasi dalam mencapai tujuannya sngat tergantung pada kemampuan orang yang
mengelola organisasi tersebut .manajemen sebagai suatu metode yang
mengatur,mengelola organisasi dpapt di artikan sebagai seni melaksanakan
sesuatu melalui orang,jika manajemen suatu organisasi baik maka akan meningkatkan
kemakmuran suatu negara.
Keberadaan alat untuk memecahkan persoalan dalam
perusahaan itu sangat penting.
Untuk Memudahkan dalam pengerjaan pekerjaan.untuk
memudahkan pekerjaan dibutuhkan alat seperti komputer.gagasan untuk menggunakan
komputer sebagai sistem manajemen informasi merupakan suatu terobosan
besar,karena menyadari bahwa para manajer membutuhkan informasi untuk pemecahan
masalah.
Peranan manjer dalam pengelolaan manajemen informasi
Sumber daya
manajemen ada 2:
1.
Sumber daya
fisik : manusia,mesin,material,uang.
2.
Sumber daya
konseptual : informasi(termasuk data).
Peranan manajer
mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan secara efektif. Sebagai tindak
lanjut dari peranan manajer maka perlu adanya usha penataan sumber daya
termasuk didalamnya manajemen informasi yakni berupa:
1. Sumber daya harus di susun sedemikian rupa sehingga
setipa saat di perlukan dapat segera di manfaatkan dan perlu dilakukan
modifikasi.
2. Sumber daya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.
3. Sumber daya harus selalu diperbaharui.
4. Keterampilan Manajemen
Keterampilan
manajemen ada 2 :
1.
keahlian komputer
2.
keahlian informasi.
Di jaman yang sudah mengandalkan teknologi serba canggih ini, Komputer adalah alat yang wajib bisa di kuasai. Karena hampir semua perusahaan menggunakan komputer untuk menjalankan pekerjaan.
Di jaman yang sudah mengandalkan teknologi serba canggih ini, Komputer adalah alat yang wajib bisa di kuasai. Karena hampir semua perusahaan menggunakan komputer untuk menjalankan pekerjaan.
Manajer dan Sistem Perusahaan
System
merupakan sekumpulan unsur atau elemen yang saling berkaitan dan saling
mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai tujuan.
Sebuah sistem tidak memiliki kombinasi
elemen yang sama, tetapi memiliki susunan dasar yang sama, yaitu :
Sistem
perusahaan merupakan sistem
lingkaran tertutup karena memiliki 3 elemen kontrol dan juga merupakan sistem
terbuka karena dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya.
Pandangan sistem ini :
1. Mencegah manajer tersesat dalam
kompleksitas struktur organisasi dan rincian pekerjaan.
2. Menyadari perlunya memiliki tujuan-tujuan
yang baik.
3. Menekankan pentingnya kerja sama semua bagian
dalam organisasi.
4. Mengakui keterkaitan organisasi dengan
lingkungannya.
5. Memberikan penilaian yang tinggi pada
informasi umpan balik yang hanya dapat dicapai dengan cara sistem lingkaran
tertutup.
Data dan informasi
Data dan
informasi merupakan suatu sumberdaya yang utamasecara konseptual,yang keduanya
pada umumnya merupakan hal yang saling berbeda.Data terdiri dari fakta dan angka
dari berbagai sumber dalam dunia nyata menyangkut entitas manusia,objek dan
kejadian yang bisa bersifat kualitatif dan kuantitatif serta bersifat internal
maupun eksternal.Informasi adalah data yang telah diolah sehingga punya arti
bagi pemakai.Pengolah informasi mengubah data menjadi Informasi dan merupakan
salah satu elemen kunci dalam sistem konseptual.
Komputer sebagai elemen dalam sistem
informasi
Komputer adalah
elemen yang penting dalam sistem informasi untuk mengubah data yang sudah ada
menjadi informasi bagi manajer dan pemakai informasi yang lain.
Evolusi sistem informasi berbasis computer
Ä Fokus data (SIA/EDP)
Di dukung
dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines ,dan
perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya .Aplikasi
yang di gunakan sistem informasi akuntansi (SIA).
Aplikasi
komputer harus di terapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi.
Ä Fokus pada pendukung keputusan (SPK)
Sistem
informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus di pecahkan
oleh manajer dan keputusan yang harus di buat oleh manajer.
Ä Fokus konsultasi (sistem pakar)
Sebuah
perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu
dan menggunakan penalaran inferensi menyerupai seorang pakar dalam memcahkan
masalah.
Upaya pencapaian sistem informasi berbasis komputer
Sistem
informasi berbasis komputer berkembang melalui
tahapan-tahapan,analisis,rancangan,penerapan, dan penggunaan.Tahapan-tahapan
tersebut dinamakan siklus hidup sistem dan dapat dilakukan oleh pemakai sendiri
atau pemakai bekerja sama dengan spesialis informasi.
Sumber :