Dalam Organisasi
tentunya terdapat proses-proses yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan
yang diinginkan. Seperti, Proses mempengaruhi pengambilan keputusan dan
komunikasi adalah proses-proses manejerial karena secara nyata dilaksanakan
oleh para manajer. Proses-proses ini juga merupakan proses-proses
organisasional karena lebih penting daripada manajer individual dalam
pengaruhny apada pencapaian tujuan–tujuan organisasi. Ketiga proses organisasi
dan manejemen ini merupakan bagian vital sistem organisasi formal dan mempunyai
implikasi-implikasi sangat penting terhadap perilaku organisasi.
Didalam proses
organisasi terdapat beberapa proses pendukung lainnya yaitu antara lain :
1. Proses memahami
Merupakan proses
untuk memmpengaruhi yaitu suatu bentuk kegiatan atau keteladanan yang baik
secara langsung atau tidak langsung mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan
sikap orang lain atau kelompok. Proses ini biasanya diterapkan untuk mengerti
suatu bentuk kebiasaan atau perilaku dari anggota organisasi sehingga dapat
melihat dan memehami karakterisitik dari sebuah organisasi itu sendiri.
2. Proses Pengambilan
Keputusan
Keputusan dari
seorang pemimpin tidak datang secara tiba-tiba, tetapi melalui suatu proses.
Pengambilan keputusan yang akan diwujudkan menjadi kegiatan kelompok merupakan
hak dan kewajiban pucuk pimpinan berupa wewenang dan wewenang itu dapat
dilimpahkan.
Pengambilan keputusan
oleh seorang pemimpin yang bersifat apriori (berburuk sangka) selalu merupakan
proses, baik yang berlangsung dalam pikiran maupun dalam kegiatan oprasioal
pemecahan masalah. Proses pengambilan keputusan itu berlangsung dengan Konsep
sebagai berikut :
·
Identifikasi dan
diagnosis masalah
·
Pengumpulan dan
analisis data yang relevan
·
Pengembangan &
evaluasi alternantif
·
Pemilihan alternatif
terbaik
·
Implementasi
keputusan & evaluasi terhadap hasil -hasil
a. Tipe –Tipe
Keputusan Manajemen
·
Keputusan-keputusan
perseorangan dan strategi
·
Kepusan-keputusan
pribadi dan strategi
·
Keputusan-keputusan
dasar dan rutin
Sementara itu
tahapan-tahapan dalam proses pengambilan keputusan dapat dikemukakan sebagai
berikut :
3. Proses Pengambilan
Keputusan
a. Model-model
Pengambilan Keputusan
·
Relationalitas
Keputusan
·
Model-model perilaku
pengambilan keputusan
b. Teknik Pengambilan
Keputusan
·
Teknik -teknik
Kreatif: Brainstorming & Synectics
·
Teknik -teknik
Partisipatif
·
Teknik -teknik pengambilan
keputusan Modern : Teknik Delphi, Teknik Kelompok Nominal.