Kamis, 03 Mei 2012

Daur Hidup Organisasi


Pertumbuhan organisasi tidak berjalan selamanya. Sebuah batas asymptopic atas dapat dipaksakan melalui sejumlah faktor. Land dan Jarman (1992) dalam Walonick menjelaskan beberapa alasan utama mengapa organisasi mampu mencapai batas pertumbuhan tertinggi:
a.       Peningkatan yang cepat dari diversifikasi produk dan pembagian pasar di wilayah tertentu,
b.      Kompetisi internal dalam pemenuhan sumberdaya,
c.       Peningkatan biaya produksi dan pemasaran,
d.      Diminishing returns,
e.       Penurunan pangsa pasar,
f.       Pengurangan produktifitas,
g.      Meningkatnya tekanan lingkungan dari peraturan pemerintah dan kelompok penekan,
h.      Meningkatnya pengaruh dari teknologi baru,
i.        Pesaing baru dan tak terduga.

Fase-fase siklus Hidup dan proses lainnya :
1. Fase perkenalan
2. Fase perkembangan
3. Fase kedewasaan
4. Fase kemunduran

Menciptakan  Perubahan

            Seseorang yang memusatkan perhatian dalam menciptakan perubahan  organisasi telah memperhatikan elemen-elemen  kreativitas  indidividu. Pekerjaan ini dipusatkan pada proses pemikiran yang kreatif yang meliputi tingkatan  atau taraf-taraf seperti: gambaran terhadap masalah, pengumpulan informasi , pemikiran yang intensif, berbagai hambatan, kesantaian dan penerangan.
            Istilah Pengembangan Organisasi (PO) telah dipakai di berbagai analisis perilaku dan cara yang digunakan untuk melakukan pendekatan konflik dan perubahan dalam organisasi. Para ahli mungkin cenderung untuk memberikan perbaikan yang efisien, tetapi perolehan atau hasil yang efektif diperoleh oleh mereka yang bukan ahli kemungkinan banyak yang lebih berarti.
            Suatu cara untuk menciptakan kreatifitas haruslah menghasilkan gagasan untuk memungkinkan organisasi mengemukakan tujuan yang sekarang yang lebih efisien atau untuk meningkatkan tujuan baru yang memberikan suatu hubungan yang lebih aktif dengan lingkungan.

Kemunduran organisasi terjadi karena lingkungan yang berubah misalkan karena pangsa pasar yang menurun, biaya pekerja yang mencolok diluar negeri sehingga produk luar lebih murah, lahirnya produk substitusi yang kualitasnya lebih baik, terjadi perubahan dari prioritas kebijakan pemerintah dalam industri akibatnya beberapa perusahaan melakukan efisiensi dengan melakukan merger dan akuisisi untuk menanggulangi kemunduran tersebut. Salah satu masalah utama yang harus dihadapi pihak manajemen selama terjadinya kemunduran organisasi adalah kemungkinan pegawai terbaik akan meninggalkan organisasi. Untuk mengurangi perputaran pegawai dan untuk mempertahankan tingkat moral yang tinggi dan komitmen dari pegawai maka pihak manajemen harus mendesentrelalisasi dan dan melepaskan kontrol yang otokratis. Jika kemunduran bersifat jangka panjang maka manajemen akan mengambil jalan untuk memberi kepada pegawai peran yang lebih tinggi dalam pengambilan keputusan, struktur organisasi akan bergerak kearah desentralisasi.


http://funnymustikasari.wordpress.com/2008/08/26/pertumbuhan-dan-siklus-hidup-organisasi/

Terjemahan

Indonesian English German Dutch Portuguese Russian Greek Brazilian French Spanish Arabic Korean